Antivirus avira Ganti methode Update untuk versi 9 keatas

Avira update

Saat ini, Antivirus Avira merupakan salah satu antivirus terbaik, terutama untuk kategori freeware (gratis). Salah satu keunggulannya adalah kemampuan mendeteksi virus yang biasanya menempati rangking atas (lihat beberapa artikel tentang test antivirus). Meskipun demikian update Antivirus harus rutin dilakukan. Avira yang menyediakan update baik secara online (automatic update) atau offline (manual update) belum lama ini mengubah skema update antivirus-nya.

Sebelumnya Update Avira sebesar sekitar 26 MB terdiri dari 4 file ( disebut VDF file), yaitu antivir0.vdf, antivir1.vdf, antivir2.vdf dan antivir3.vdf. Untuk versi 9 ini, Update Avira sebesar itu dibagi menjadi 32 file, mulai vbase000.vdf, vbase001.vdf … vbase031.vdf. File vbase000.vdf akan mempunyai ukuran yang paling besar, sekitar 19 MB, dan file-file berikutnya jauh lebih kecil.

Keberadaan file-file ini bisa dilihat di folder installasi Avira, yaitu C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop. Jika di folder itu belum ada, maka Avira 9 belum terupdate dengan skema baru ini.

Perubahan skema update ini hanya berlaku untuk Avira versi 9, baik versi Free personal, Premium, Internet security, Professional, Server dan produk lainnya (skema update versi 8 masih sama seperti sebelumnya). Perubahan ini bertujuan untuk membuat ukuran update lebih kecil sehingga meningkatkan kecepatan update, karena perkembangan malware yang semakin cepat.

Saat ini disediakan dua jenis file VDF untuk Manual Update, yaitu Antivirus VDF Update ( untuk Avira 9) dan AntiVir iVDF update ( untuk Avira 8 ). Untuk Download langsung, klik kanan link berikut dan pilih Save link As… (Ukurannya agak besar sekitar 23 MB – 26 MB)

Untuk informasi selengkapnya atau produk apa saja yang di dukung, silahkan melihat lokasi download selengkapnya di http://www.avira.com/en/support/vdf_update.html

Setelah file ini di download, untuk proses manual update tinggal membuka Avira dan buka file ini melalui menu Update > Manual Update. Setelah selesai, maka proses update berikutnya seharusnya akan lebih cepat dengan menggunakan Automatic update (dengan koneksi internet).
Automatic Update

Automatic update bisa dilakukan jika komputer kita terkoneksi ke internet. Jika Avira versi 9 masih menggunakan update versi lama, maka proses update pertama kali bisa dilakukan dengan mengetikkan perintah berikut di menu Run ( Start Menu > Run ) :

C:\Program Files\Avira\AntiVir Desktop\update.exe /DM=0 /NOMESSAGEBOX /receivetimeout=180

Untuk sistem operasi 64 menggunakan perintah berikut:

C:\Program Files (x86)\Avira\AntiVir Desktop\update.exe /DM=0 /NOMESSAGEBOX /receivetimeout=180

Proses Automatic Update pertama kali ini mungkin akan memerlukan waktu yang relatif lama (tergantung koneksi internet). Tetapi update berikutnya akan jauh lebih cepat. Selanjutnya, meskipun Avira 8 masih didukung updatenya, tetapi disarankan untuk menggunakan versi terbaru, apalagi jika menggunakan Avira Free Personal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: