Flash Php Mysql Fusion Part1

flash php mysql 1

Flash dengan kemampuannya yang dapat membuat sesuatu yang interaktif membuatnya sering dipakai dalam dunia web. Dengan berbekal kemampuan dan pengetahuan tentang action script 2 serta kemampuan pengiriman data dengan skrip-skrip php dasar anda dapat menggabungkan interface interaktif flash, php, dan database mysql. anda mungkin sering melihat web yang full flash didalamnya terdapat pergerakan menarik yang membuat kita betah berlama-lama dalam web tersebut.

Nah, cukup intronya langsung ke materi. Terus terang saja saya sempat bingung dengan action script yang berbasis class, sedangkan saya adalah penggemar php yang tidak terlalu kental dengan class. Kalau anda perhatikan kemiripan javascript dan action script membuat anda dapat menyelam sambil minum air, karena ternyata scriptnya hampir semua sama. Jadi anda tidak perlu belajar keduanya satu persatu untuk web programmig.Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menampilkan data dalam record database ke interface flash dengan menggunakan action script 2. Oh ya, perlu diingat gunakan flash player 7 sebagai publisnya karena flash player 8 menggunakan security yang membuat pengiriman variabel get maupun post terhenti setelah ada tampilan kotak dialog security.

Peralatan yang anda perlukan :

  • Software macromedia flash
  • Server php yang satu bundle dengan phpmyadmin dan mysqlnya.
  • Php editor semacam notepad atau dreamweaver.
  • Pengetahuan dasar tentang programming web

Buka software flash 8 anda, lalu buka menu window-component (Ctrl-F7). Setelah muncul window component pilih pilihan user interface-DataGrid lalu drag kearah stage. beri nama instance name scores_dg. Buat layer kosong diatasnya dan beri nama ‘script’, klik frame 1 dan tekan F9 untuk membuka jendela ActionScript2.

Kemudian buat Dynamic text dengan nama instance msg. Bagi anda yang baru tentang flash atau benar2 newbie dalam flash diharapkan belajar dulu dasar-dasarnya flash.

select

Ketikkan skrip berikut :

var select_lv= new LoadVars();
select_lv.onLoad = function(ok:Boolean) {
if(this[“errorcode”]==0){
if (ok) {
var scoredata:Array = new Array();

for (var i:Number=0; i < this.n; i++) {
scoredata.push(
{
nickname:this[“nama”+i],
score:Number(this[“score”+i]),
dateposted:this[“date”+i]
});
}

msg.text=”Mengambil data dari table highscore”;

}else{
msg.text=”fail”;
}
scores_dg.columnNames = [“nickname”, “score”, “dateposted”];
scores_dg.getColumnAt(0).headerText = “Nickname”;
scores_dg.getColumnAt(1).headerText = “score”;
scores_dg.getColumnAt(2).headerText = “dateposted”;
scores_dg.getColumnAt(0).width = 100;
scores_dg.getColumnAt(1).width = 30;
scores_dg.getColumnAt(2).width = 100;
scores_dg.dataProvider = scoredata;
}else{
msg.text=”tidak bisa konek ke database, silahkan cek”;
}

}

select_lv.sendAndLoad(“http://localhost/selectdata.php&#8221;, select_lv, “GET”);

Lalu buat tabel Highscore seperti ini :

CREATE DATABASE `highscore`;
USE highscore;

CREATE TABLE `highscores` (
`nickname` varchar(20) NOT NULL default ‘0’,
`score` varchar(20) NOT NULL default ”,
`date` varchar(20) NOT NULL default ”
) TYPE=MyISAM;

INSERT INTO `highscores` VALUES (‘aanx’, ‘323’, ‘2009-12-15’);
INSERT INTO `highscores` VALUES (‘angga’, ‘3423’, ‘2009-12-15′);

Lalu buat skrip PHP-nya yang bernama selectdata.php dan letakkan di http://localhost/selectdata.php :

<?php
$server = “localhost”;
$username = “root”;
$password = “12345678”;
$database = “highscore”;

if (!mysql_connect($server, $username, $password)) {
echo’&errorcode=1&’;
}
else{
echo’&errorcode=0&’;
}

mysql_select_db(“highscore”)or die(“tidak ditemukan database”);

$query=mysql_query(“select * from highscores”);
$n=mysql_num_rows($query);
echo ‘n=’.$n.’&’;
$i=0;

while($dt=mysql_fetch_array($query)){
$i<$n;

echo’nama’.$i.’=’.$dt[‘nickname’].’&’;
echo’score’.$i.’=’.$dt[‘score’].’&’;
echo’date’.$i.’=’.$dt[‘date’].’&’;
$i++;
}
?>

Waduh panjang bgt skripnya. Tenang jangan patah arang dulu karena seperti yang saya sebutkan diatas klo peralatannya ‘Pengetahuan dasar tentang programming web’ jadi php dan mysqlnya gak tak bahas tapi yang dibahas ActinScriptnya aja.

var select_lv= new LoadVars(); //ini berarti kita mendefinisikan variable select_lv sebagai pengantar variable

select_lv.onLoad = function(ok:Boolean) // fungsi yang dijalankan saat select_lv dijalankan dan ok:boolean adalah nilai true dan false saat select_lv berjalan ok:Boolean berarti select_lv berhasil dijalankan dan nilainya true.

var scoredata:Array = new Array();

for (var i:Number=0; i < this.n; i++) {
scoredata.push(
{
nickname:this[“nama”+i],
score:Number(this[“score”+i]),
dateposted:this[“date”+i]
});
}// skrip ini hampir sama dengan array_push dalam php yaitu menambah data dalam array ‘scoredata’. lalu ‘this’ itu apa ya? this ini adalah nilai dalam function yang mendefinisikan dirinya sendiri. karena this ini berada dalam fungsi select_lv maka this bernilai select_lv. Nickname, score, dateposted adalah index variable yang mau ditambahkan kedalam array scoredata. this[‘nama’+i] itu apa? untuk melihatnya buka skrip selectdata.php dan anda akan mengerti yang saya maksud jika anda paham tentang array. Yapz, karena ada nilai variabel nama0, nama1, nama2.

scores_dg.columnNames = [“nickname”, “score”, “dateposted”];//ini adalah nama kolom dalam datagrid

scores_dg.dataProvider = scoredata;// ini dia array scoredata dijadikan dataprovider atau penyedia data dalam datagrid scores_dg

select_lv.sendAndLoad(“http://localhost/selectdata.php&#8221;, select_lv, “GET”);// mengirim pengirim variabel select_lv ke http://localhost/selectdata.php dengan methode get.

Dah, sampai disini dulu pelajaran Flash, Php, Mysql Fusion part 1 berlanjut ke part 2………..

Iklan

4 Responses to Flash Php Mysql Fusion Part1

  1. Nuril Anwar says:

    Tutorial ini sangat membantu sx terutama bgi pemula seperti sy, Oh ya Mas dari tutorial ini sy ada sedikit masalah namanya kok gak bisa tampil di datagrid ya, kira2 knp?

    • aanx04 says:

      cek file phpnya….
      lalu script AS-nya….

      perlu diingat flashPlayer tidak membolehkan koneksi ke host secara langsung mulai dari versi 8….. kecuali jika file exe standalone…

  2. guztraij says:

    Mas, untuk form inputan yang pake combobox sama radiobutton ada tutorialny ga mas?
    saya sudah coba, tapi kok variabel yang di parsing dari flash untuk data di combobox kosong y..

    jadi insert datanya gagal terus..

    klo form insert yang cuma trdiri dari input text biasa saja sih ga masalah..

    kalo ada tutorialny tolong di post y Mas..
    ato kirim lewat email.. Thx.. 🙂

    • guztraij says:

      wah.. maap mas, stelah di explore di tutorial yang lain trnyta udh prnah dbhs,,
      udh smangat nanya aja nih.. he..

      saya coba dlu deh mas.. nnti klo ktemu masalah yg blm prnh dbhs, tolong dbantu y..

      Thx sbelumny 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: