Triple Boot Windows 7 Windows 8 Dan Linux Mint 14 Nadia dan Urutan Install

Image

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana melakukan triple boot windows 7 8 dan linux secara bersamaan. Triple boot ini saya lakukan dengan dasar rasa penasaran saya pada windows 8 dan windows 8 phone development yang mengharuskan Windows 8 64 bit terinstall, dengan beberapa kali googling saya menemukan beberapa masalah terkait urutan penginstalan. Os mana yang harus diinstal lebih dulu dan bagaimana jika sudah ada yang terinstall.

Kasus pertama yang saya rasakan adalah Windows 7 sudah terinstal pertama dan yang kedua adalah linux sehingga booting menggunakan Grub, yang terakhir adalah windows 8. Nah disinilah masalah baru muncul. Seperti yang mungkin sudah kalian perkirakan, Linux tidak terdeteksi oleh boot loader Windows 8 yang baru terinstall. Solusinya adalah Installer Linux di USB Flash anda atau CD/DVD anda dan install ulang grub-nya. caranya:

1. Masuk Live USB linux Master

2. Masuk Terminal

3. Cari dimana partisi linux anda punya saya di /dev/sda7 karena total saya punya 8 partisi hehe.. (padahal cuma 320GB)

sudo fdisk -l

4. membuat folder untuk mount

sudo mkdir /mnt/root

5. Mount partisi linux

sudo mount /dev/sda7 /mnt/root

6. Install Ulang Grub

sudo grub-install –root-directory=/mnt/root /dev/sda

/dev/sda adalah label partisi tanpa nomor.

Lalu bagaimana jika Windows 8 Sudah terinstal lebih dulu, Jika itu terjadi Insyaallah GRUB versi 2.0 bisa mendeteksi Windows 8 loader anda walaupun saya belum mengalaminya tetapi sudah terbukti GRUB 2.0 bisa mendeteksi Windows 8 Loader.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

